Lanudad Gatot Subroto Dipastikan Jadi Bandara Komersil

0
208
Pemaparan pengoperasian Bandara Lanudad Gatot Subroto Way Tuba menjadi Bandara Komersil, di Markas Besar Angkatan Darat di Jakarta Pusat./Ist

Gerbang1news.com – Pemerintah Kabupaten Waykanan, memastikan pada Maret 2019 ini, Pengoperasian Bandara Lanudad Gatot Subroto menjadi bandara komersil.

Hal itu diketahui setelah Bupati Waykanan H. Raden Adipati Surya, SH, MM melakukan pemaparan di depan Kepala Staf Angkatan Darat Jendral TNI Andika Perkasa, sebagai tindak lanjut percepatan pengoperasian Bandara Lanudad Gatot Subroto Way Tuba akan menjadi Bandara Komersil, di Markas Besar Angkatan Darat di Jakarta Pusat, Selasa (22/1/2019).

Asisten II Setdakab Waykanan Ir. Kussarwono, MT menjelaskan, hasil pemaparan bupati tersebut mendapat kepastian waktu untuk pengoperasian Lanudad Gatot Subroto menjadi Bandara Komersil.

“Hasil paparan Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan Kasad, bahwa pengoperasian Lanudad Gatot Subroto dijadwalkan akan dimulai minggu ketiga bulan Maret 2019,” kata Kussarwono.

Perihal pengoperasian Bandara Gatot Subroto, tanggal 29 Januari 2019 mendatang tambah Kussarwono, akan dilakukan MoU antara Kemenhub, TNI AD dan Pemerintah Kabupaten Waykanan.

Untuk persiapan selanjutnya, Pemkab Waykanan akan segera membangun jalan masuk menuju bandara, mendirikan Trapo Listrik, Pagar dan relokasi Kantor Lanudad akan di jadikan untuk terminal kedatangan dan keberangkatan kapal.

“Anggaran yang dibutuhkan kira-kira Rp 9.5 Milyar,” ungkapnya.

Sementara Kementrian Perhubungan akan membangun sisi darat dan udara, terminal yang tersedia.

Sebelun di resmikan, pemakaian Lanudad Gatot Subroto terlebih dahulu diumunkan kepada dunia kurang lebih 58 hari sebelum pengoperasian.

“Kemenhub akan mengumumkan keseluruh dunia 58 hari sebelum terbang, hal ini dimaksudkan sebagai pemberitahuan sebuah rute dan jenis pesawat yang akan melintas dipenerbangan tersebut,” imbuhnya.

Dijelaskan Kussarwono, bahwa rute penerbangan bertujuan ke Palembang dan Jakarta transit di Bandara Raden Intan II Lampung. Adapun jenis pesawat yang akan dioperasikan adalah ATR-72-500/600.(rls/Fik)

LEAVE A REPLY