Festival Desa Sehat Tampilkan Inovasi 12 Indikator Keluarga Sehat

0
535
Bupati Lampung Timur Chusnunia saat membuka Festival Desa Sehat lapangan Kecamatan Mataram Baru./Rusman Ali

Gerbang1news.com – Berbagai kreasi dan inovasi di pertunjukan sejumlah UPTD Puskesmas dari 24 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Timur dalam Festival Desa Sehat Kabupaten Lampung Timur di lapangan Kecamatan Mataram Baru, Kamis (25/10/2018).

Inovasi yang ditampilkan melalui 12 indikator keluarga sehat itu memaparkan sejumlah program gizi kesehatan ibu dan anak, Program pengendalian penyakit menular dan tidak menular, prilaku sehat, rumah dan lingkungan sehat, serta kesehatan jiwa.

Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, mengaku berbangga hati kepada Dinas Kesehatan, Puskesmas dengan tenaga kesehatan yang sangat kompak, kreatif dan selalu meriah kesuksesan di setiap kegiatan yang dilakukan.

“Kita memang patut bangga, bahwa intinya adalah gerakan hidup sehat akan selalu terus kita galak,” ujar Chusnunia disela-sela acara tersebut.

Menurut Sriyati, Kepala UPTD Puskesmas Mataram Baru, gerakan hidup sehat menjadi faktor utama dalam kemajuan pembangunan sangat penting sekali bagi Masyarakat.

“Pada intinya, Festival Desa Sehat untuk menggerakkan semua instansi kesehatan dan memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang arti 12 pilar indikator menuju keluarga sehat. Agar warga mampu menjadi mandiri dan memahami tentang arti pentingnya kesehatan,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, parade Mozaik para pelajar, senam bersama, pawai karnaval bertema kesehatan meramaikan proses berjalannya Festival Desa Sehat.

Selain itu, pelayanan cek kesehatan gratis bagi Masyarakat, donor darah juga menjadi salah satu acara dalam Even Festival tersebut. Ada ratusan Dorprize hadiah yang di nanti-nanti peserta dalam kegiatan itu.(Rus)

LEAVE A REPLY