Bupati Terapkan Waykanan Mengaji

0
213
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya./Fikri

Gerbang1news – Bupati Kabupaten waykanan Raden Adipati Surya Membuka acara Musyabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 Tingkat kabupaten yang di selenggarakan di Lapangan Kampung Bengkulu, Kec. Gunung Labuhan Kabupaten setempat.

Dalam kesempatan itu, Raden Adipati Surya mengatakan Kabupaten Waykanan saat ini sedang gencar melaksanakan kegiatan percepatan penuntasan buta aksara Al-Qur’an,

“Kegiatan tersebut diantaranya berupa memberikan insentif kepada guru ngaji dan melaksanakan Musyabaqoh Tilawatil Quran dari Tingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten, serta pencanangan gerakan “Waykanan Mengaji” terutama untuk siswa sekolah menengah,” jelas Raden Adipati Surya, saat memberikan sambutan.

Pemda juga, lanjut Adipati, memberikan perhatian serius dibidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial.

Oleh karenanya, melalui momen MTQ ke-15 ini Bupati mengajak semua untuk elemen untuk senantiasa membumikan Al Quran, dalam arti menghiasi rumah dan lingkungan kita dengan ayat-ayat Al Quran. “Mari kita galakkan TPA, Majelis Ta’lim, Majelis Dzikir dan pengajian-pengajian di Mushala, masjid-masjid.

“Mari ajarkan Al Quran sejak dini kepada anak-anak kita, dengan demikian Al Quran akan tetap menghiasi keluarga kita,” ajak Bupati.

Selain tujuan utama diadakannya kegiatan MTQ ini adalah sebagai syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al Quran, menjadikan Al Quran sebagai nafas, sebagai pegangan hidup yang hakiki, dan sebagai kepribadian kita, bahwa tujuan dan makna kegiatan MTQ juga kita menginginkan prestasi yang akan dapat menjadi kebanggaan.

“Kita berharap dari kegiatan MTQ ke-15 akan melahirkan Qori dan Qori’ah, Hafiz , Hafizah, Mufashir Mufhasiroh dan khot khottotoh terbaik Kabupaten Way Kanan yang akan dapat mengukir prestasi gemilang terutama untuk mengulangi keberhasilan kita menempati posisi ke-2 pada MTQ tingkat Provinsi Lampung tahun 2018 ini, minimal harus dipertahankan bila memungkinkan ditingkatkan lagi pada MTQ ke-47 Tingkat Provinsi Lampung tahun 2019 mendatang,” harap Raden Adipati Surya.

Sementara Gubernur Lampung Yang diwakili Sekretaris LPTQ Lampung Wasril Purnawan menjelaskan ajang MTQ merupakan ajang evaluasi bagi program LPTQ yang sudah dilaksanakan, dan menilai sejauh mana output dari hasil pembinaan tersebut.

“Sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan LPTQ Lampung pada MTQ tingkat Nasional tahun ini Lampung berada pada Peringkat 15 Nasional,” terang Wasril.

Terpisah Ketua LPTQ Waykanan yang juga menjabat Sekdakab Setempat, Saipul selaku Ketua Panitia Besa MTQ mengatakan pada MTQ kali ini digelar enam kategori lomba dengan jumlah hadiah sebesar Rp, 160 Juta.

“Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan Bupati Way kanan dan Ketersediaan Anggaran APBD.” Jelas Saipul Singkat.(Fik)

LEAVE A REPLY